Course Content
Thaharah
Pada bagian ini santri dikenalkan dengan konsep bersuci (thaharah) secara sederhana. Santri belajar mengenal anggota tubuh yang harus dibersihkan, air yang boleh digunakan, serta meniru praktik dasar wudhu. Pembelajaran dilakukan dengan cara meniru gerakan sederhana, bercerita, dan menyanyi agar mudah dipahami.
0/6
Shalat
Pada bagian ini, santri dikenalkan dengan shalat sebagai tiang agama. Fokus pembelajaran adalah mengenal dan meniru gerakan dasar shalat, waktu shalat, arah kiblat, serta bacaan pendek yang digunakan. Santri belajar melalui cerita, gambar, nyanyian, dan praktik langsung bersama guru, agar mereka terbiasa melakukan shalat dengan cara yang sederhana dan menyenangkan.
0/8
Doa
Pada bagian ini, santri diperkenalkan pada doa-doa pendek setelah shalat. Doa dipilih yang sederhana agar mudah dihafal dan diamalkan sehari-hari. Fokus utamanya adalah membiasakan anak membaca doa singkat setelah selesai melaksanakan shalat.
0/1
Adab
Pada bagian ini, santri belajar adab dalam ibadah, khususnya saat shalat dan ketika berada di masjid. Santri dibimbing agar terbiasa bersikap tenang, tidak bercanda, serta menjaga kebersihan dan sopan santun di lingkungan ibadah.
0/2
Bimbingan Praktik Ibadah (BPI) RA-A Semester 1

Santri belajar membedakan waktu siang dan malam, serta dikenalkan bahwa di dalam sehari ada 5 waktu shalat wajib: Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

📖 Dalil:

“…dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang dan pada bagian permulaan malam…”
(QS. Hud: 114)

📝 Tujuan Pembelajaran:

  • Santri mengetahui bahwa ada waktu-waktu khusus untuk shalat.

  • Santri dapat menyebutkan minimal 2–3 nama waktu shalat.

🎯 Aktivitas Belajar:

  • Guru menunjukkan gambar matahari terbit, siang, sore, dan malam.

  • Santri menirukan dengan menyebut: “Ini Subuh… ini Zuhur… ini Maghrib…”

  • Permainan sederhana: guru sebut nama shalat → santri tunjuk gambar waktunya.